Apasih Netbook itu ?

Posted: February 25, 2011 in Komputerisasi
Tags: , , , , , ,

Netbook sebuah kata yang sering kita dengar namun mungkin diantara kita masih bingung dan bertanya-tanya, apa sih netbook itu, sama tidak ya dengan notebook ? sudah hampir 3 tahun lebih netbook berada di tengah-tengah kita, dan masih banyak dari kita yang belum memahaminya, untuk itu mari kita lihat apa sebenarnya netbook ini.

Istilah netbook sebenarnya adalah singkatan dari interNet dan noteBook (NetBook), karena memang varian dari komputer jinjing (notebook) ini di design khusus untuk pekerjaan yang dominan dengan internet, seperti mengirim dan menerima surat elektronik (Email), berselancar di dunia maya (Browsing), maupun meng ngobrol dengan teman (Chating). Netbook memang di buat dengan spesifikasi yang tidak tinggi, karena kebutuhannya tidak banyak seperti notebook maupun komputer desktop. Laptop mini ini tidak efisien jika digunakan untuk pekerjaan yang berat seperti bermain game, dan mendesign suatu gambar.

Pertama kali di kenalkan oleh Psion (perusahaan pembuat hardware dari London), OLPC dan Palm Foleo. Penggunaan komputer kecil ini mulai populer saat dikeluarkanya Asus Eee PC, berukuran sangat mini,dengan berat kurang dari 1Kg, dan harga yang sangat terjangkau, di bundle dengan sistem operasi Linux maupun Windows XP.

Pada Tahun 2011 ini, keberadaan Netbook sudah semakin canggih dengan banyak pilihan yang ada, umumnya berkisar dari 7” sampai dengan 11”, dengan berat +- 1Kg, dilengkapi dengan Wi-fi, USB, LAN bahkan Internal modem dengan fitur HSDPA, namun tidak dilengkapi dengan DVD-RW, jika adapun terpisah (eksternal) perusahaan raksasa pembuat processor seperti Intel memproduksi processor pendukung netbook seperti Atom, dan hebatnya lagi netbook sekarang ini bisa di install sistem operasi terbaru seperti Windows 7.

Jika anda suka dengan kegiatan mobile yang dominan, dan anda tidak dapat terpisahkan dengan internet, tidak ada salahnya jika anda membeli sebuah netbook yang dapat membantu pekerjaan maupun bisnis anda.

Comments are closed.