Random Access Memory (RAM)

Posted: February 14, 2011 in Komputerisasi
Tags: , , , , , , , , , ,

Memory biasanya disebut sebagai RAM, singkatan dari Random Access Memory. Memmory berfungsi sebagaitempat penyimpanan data sementara. memory berkerja dengan menyimpan dan menyuplai data data penting yang dibutuhkan processor dengan cepat untuk diolah menjadi inoframsi. karena itulah, fungsi kapasitas merupakan hal tepenting pada memory. dimana semakin besar kapasitasnya, maka semakin banyak data yang dapat disimpan dan disuplay, yang akhirnya membuat processor bekerja lebih cepat. supplai data ke RAM berasal dari Haridsk, suatu peralatan yang dapat menimpan data secara permanen.

Pertama kali dikenal pada tahun 60 an . hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sahangat mahal. saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.

Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengam memproduksi RAM, lebih tepatnya jenis DRAM.

Tipe umum RAM : SRAM atau Static RAM, NV-RAM atau Non-Volatile RAM, DRAM atau Dynamic RAM ,Fast Page Mode DRAM, Edo RAM atau Extended Data Out DRAM, XDR DRAM, SDRAM atau Synchronous DRAM, DDR SDRAM atau Double Data Rate Syncronus DRAM sekarang (2011) mulai digantikan dengan DDR2, RDRAM atau Rambus DRAM. dan DDR 3.

Tipe tidak umum RAM : Dual Ported RAM, Video RAM, memmori port ganda dengan satu port akses acak dan satu prot akses urut. dia menjadi populer karena semakin banyak orang membuthkan memori video. WRAM, MRAM, FERAM.

Disalin dari : Suara Rakyat Edisi 1-6 februari 2011 pada hal.9, pukul 13.00 Wita

Comments are closed.