Gmail Dibaca Ofline Pada Outlook Express

Posted: May 2, 2010 in Komputerisasi
Tags: , , , , ,

Download dalam bentuk PDF

Gmail, siapa yang tidak tahu ? anda ? he he he. Sebuah layanan email client gratis besutan google, yang menawarkan space ruangan untuk email kita yang tiap hari bertambah besar. Kayak tumor aja ya.

Gmail pertama kali diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004, fitur yang baru sekarang ini untuk menyaingi Facebook adalah Buzz.

Kita tidak akan terlalu mendetail untuk membahas apa dan bagaimana sepak terjang Gmail di dunia maya ini, tetapi lebih focus kearah teknis, bagaimana mendownload email Gmail kita agar bisa dibaca secara offline (baca:tidak terkoneksi dengan internet) pada applikasi email klient seperti besutan Microsoft yakni Outlook Express, dimana biasanya sudah terintegrasi langsung pada saat installasi windows XP.

Konfigurasi Pada Account Gmail di Web Browser.
Langkah pertama, jika anda belum mempunyai Account Gmail, silahkan anda membuatnya terlebih dahulu, disini. Jika anda sudah mempunyai account Gmail, silahkan anda login terlebih dahulu ke account anda, karena kita akan mensetting fasilitas POP3 dan SMTP yang secara default tidak diaktifkan pada saat kita membuat account Gmail.

Login ke Account Gmail Anda

Kedua, setelah anda login ke account Gmail anda, klik tombol Setting yang terdapat di pojok kanan atas dari konten web browser anda.

Ketiga, anda akan menemukan sebuah Form setting yang berisi banyak tab, anda tidak perlu bingung, langsung saja klik tab Forwarding and POP/IMAP.

Keempat, setelah anda mengklik tab tersebut, akan muncul beberapa settingan agar email anda dapat di download pada email client seperti di outlook express. Pada pilihan POP Dwonload, pilih option Enable POP for all mail (even mail that’s already been downloaded).

Jika anda memilih Enable POP for mail that arrives from now on, maka yang akan anda download adalah email yang setelah dilakukan penyetingan pada POP ini, email sebelumnya tidak akan ikut di download.

Kelima, ada beberapa opsi lagi yang anda harus pilih, yakni memilih untuk menyimpan copy dari email anda pada server Gmail, atau menghapusnya, ini terserah dari pilihan anda.

Keenam, langkah yang terakhir yakni menyimpan configurasi yang telah anda lakukan, dengan mengklik tombol save change.

Konfigurasi Account Gmail pada Outlook Ekspress
Pertama, buka outlook express anda, Klik Star > Al Programs > Outlook Express, langkah pertama anda harus membuat Account baru untuk Gmail anda. Caranya Klik Tool > Account

Kedua, langkah selanjutnya, adalah klik Add > Mail

Ketiga, Isikan Nama anda pada kolom Name, dan klik Next

Keempat, Isikan alamat email anda, alamatemailanda@gmail.com, dan Klik Next

Kelima, Pilih combo box POP, lalu masukan server Incomingnya : pop.gmail.com dan Outgoingnya : smtp.gmail.com, dan Klik Next

Keenam, masukan password anda, dan Klik Next

Klik Finis.

Ketujuh, masih berada pada window internet account, select/pilih account yang baru saja anda buat lalu klik properties. Pada tab server, berikan tanda centang pada pilihan My Servers Requires Authentication.

Kedelapan, klik tab advance, dan berikan tanda centang pada keduanya, yakni pada outgoing mail SMTP dan incoming mail POP, dengan menggunakan secure port SSL, ganti SMT nya menjadi 465, dan POP nya menjadi 995.

Langkah terakhir adalah Klik Apply, Klik OK, dan Klik Close.

Silahkan download email Gmail anda sekarang juga dengan menekan tombol, Send and Received

Wassalam
Hendra Wijaya

______________________________
Referensi:
1. Gmail, Wikipedia Indonesia, http://id.wikipedia.org/wiki/Gmail, Tanggal Akses : 2 Mei 2010 Pukul 13:33 Wita.
Gmail dibaca ofline pada outlook express – Hendra Wijaya

Comments are closed.