Sekilas Tentang Website

Posted: March 12, 2010 in Komputerisasi
Tags: , , , , ,

Website

Website

Latar belakang saya menulis artikel ini adalah karena pada semesteri ini (semester VI .penj) mendapat mata kuliah Pemrograman Web (PW), lalu apa hubungannya dengan buat artikel ini ?. Hubungannya adalah… penulisan artikel ini karena “tugas” (buat blog + artikelnya .penj) pada pertemuan pertama, untungnya saya sudah memilik blog sebelumnya, jadi tinggal buat artikel tentang “Website”, he he he (asik…)

Pemrograman Web, seperti judulnya, terdiri dari dua kata, “Pemrograman” dan “Web”, sudah barang tentu (mungkin) proses pembelajarannya tidak akan luput dari coding dan juga wajah dari website itu sendiri.  Sebenarnya saya juga bingung jika di minta untuk menjelaskan secara langsung (saat itu juga .penj) “Apa yang anda ketahui tentang Website ?”, bisa – bisa saya mati lemas karena tidak bisa menjawab, maaf ya Bpk. Gede Suweca (Nama dosen saya yang mengajar mata kuliah PW. penj).

Langsung saja kepada inti dari pembahasan kita.

Website itu apa sih ?

Website, atau sering kita sebut situs aja, web saja, atau site saja, dan puluhan sebutan lain yang kurang populer di telinga kita.  Atau bahkan seorang yang awam menghakimi bahwa website itu adalah internet!

Tetapi apa sebenarnya pengertian yang “resmi” dari kata “website” ini ?

Definisi Pertama,

Website adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet.

Definisi Kedua,

Web adalah sistem pengiriman dokumen tersebar yang berjalan di internet.

Definisi Ketiga,

Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Dari ketiga definisi diatas, silahkan saja teman2x memilih diantara ketiganya, atau bahkan ketiganya untuk dijadikan pedoman dalam mengartikan apa itu website.

Sejak kapan ada website ?

Timothy Berners Lee

Timothy Berners Lee

Web pertama kali dikenalkan oleh penemunya yakni Timothy Berners-Lee pada tahun 1991. Tim (begitu panggilannya) memanfaatkan web sebagai tukar menukar informasi pada waktu melakukan penelitian  di tempat dia berkerja, dimaksudkan agar informasi tersebut dapat dilihat oleh semua teman-temannya, dan agar mudah di perbaharui atau di update.

Selanjutnya web dikembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research) suatu lembaga peneliti Fisikawan Energi Tinggi di Geneva Swiss. Tujuannya adalah sama seperti tujuan dari Tim dalam rangka membuat website, yakni bertukar informasi untuk membantu para fisikawan di berbagai lokasi yang berbeda dalam bekerja sama dan berbagi material penelitian.

Bagaimana memulai membuka webite ?

Bagi teman-teman yang sedang membaca artikel saya ini, sadar atau tidak faktanya sudah membuka salah satu situ web, sederhananya, coding di konversi kedalam bentuk HTML (HyperText Markup Language) yang dapat dibaca atau dibuka oleh program penjelajah web (Browser) yang sudah terinstall didalam Komputer, Notebook, dll. Seperti : IE (Internet Explorer), Firefox, Netscape, Safari, Opera,  Google Crhome, dll.

Semoga Bermanfaat,

Salam,

Hendra Wijaya

———————————————

Referensi:

1. Website, Lihat Disini

2. Pengertian Website dan Unsur-unsurnya, Lihat Disini

3. Pengertian WWW atau Web, Lihat Disini

4. Pengertian Web, Lihat Disini

Comments are closed.