Memproteksi Folder Pribadi [Tanpa Software Tambahan]

Posted: November 27, 2009 in Komputerisasi
Tags: ,

Penggunaan Komputer Publik yang “Banyak Tangan”, Seperti halnya di kantor, Keluarga dan Teman seringkali membuat kita merasa terganggu dengan data-data kita yang bersifata private. Pada umumnya komputer publik tersebut mempunyai beberapa Account ataupun hanya satu Account yang di pakai bersamaan. Sebenarnya, data – data kita akan terproteksi [Private] dengan sendirinya ketika kita membuat sebuah Account baru, Windows akan menanyakan apakah Data kita disimpan pada My Documents bersifat ‘Private” atau tidak, windows akan memberikan pilihan dengan dialog “Yes Make Private” atau “No”.

Contoh Account yang Lebih Dari Satu

Account

Jika Kita memilih “Make Private”, Maka secara otomatis My Document pada Account“Coba” tidak bisa diakses oleh Account Lainya, karena bersifat Private.

Lain ceritanya jika Dokumen atau Data yang hendak kita proteksi berada dalam satu Drive yang digunakan bersamaan misalnya [D:],misal pada Folder “Data Penting”[ D:\Data Penting] hanya boleh dibuka oleh Account “Yang bersangkutan” tetapi tidak boleh dibuka oleh Account “Coba”.

“Data Penting” hanya boleh dibuka oleh Account “yang bersangkutan”

Kasus Seperti ini sangat mudah diselesaikan dengan di proteksi menggunakan software tambahan, seperti halnya Folder Lock, tetapi bagaimana jika tidak menggunkan software tambahan ? Ya! Windows bisa membantu memproteksi data anda tanpa software tambahan. Bagaimana Caranya ? Ikuti langkah-lahkanya dibawah ini.

1. Buka Drive Tempat Folder private anda berada [misal D:], Klik Tools, Klik Folder Options

Folder Option

2. Klik Tab View, Hilangkan Centang Use Simple File Sharing [ Paling Bawah]

Use Simple File Sharing

3. Klik Apply, Klik OK
4. Klik Kanan Pada Folder “Data Penting”, Klik Properties

Properties

5. Klik Tab Security, Klik Add,Klik Object Types

Select User or Groups

6. Centang hanya user, Klik OK

Users

7. Masih didalam Jendela Select Users or Groups, Klik Advanced

Find User

8. Klik Find Now, Karena Kita akan Membatasi Hak Akses dari “User Coba” Maka dari itu Klik User Coba pada [Name RDN], Klik OK
9. Klik Ok
10. Klik User Coba,Lalu Klik Deny

11. Klik Ok, Klik Yes

Security

Sekarang untuk mencoba hasilnya, anda login terlebih dahulu ke account “coba”, lalu coba buka folder yang sudah di proteksi “Data Penting”, Perhatikan hasilnya.

Access Denided

Untuk Mengembalikan Seperti Semula, Ikuti Mulai Langkah 10, Klik Account yang akan di injin kan hak aksesnya “Coba” lalu Pilih Allow, Klik Ok.

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat.

Note:
• Berlaku tidak hanya pada Folder, Tetapi Drive
• Sementara Hanya di uji pada Windows XP
• Jika Tutorial ini Sudah banyak yang mengetahui, mohon maaf, Just sharing aja ^_^
• Belum dicoba didalam folder yang berisi banyak “Folder”

Salam
Hendra

Comments are closed.