Ubah Partisi Hardisk Pada WindowsVista

Posted: October 27, 2009 in Komputerisasi
Tags: , ,

Windows Vista

Windows Vista

Mempartisi Hardisk, adalah memudahkan kita untuk menyimpan file penting (baca : Documents, Musik, Video,dll) ditempat yang terpisah dari sitem yang diinstal pada partisi pertama, Contoh :

Partisi (C) : “Biasanya” untuk diinstall sistem operasi (baca : windows Linux, dll) Partisi (D): Untuk Menyimpan File2x penting, Juga biasanya diinstall sistem operasi lain yang memungkinkan multiple boot.

Problemnya, banyak Notebook baru yang sudah include dijual dengan sistem operasinya (baca : vista), hanya menyediakan satu partisi saja, misalnya (C): , jadi hardisk yang kapasitasnya 320Gb dipake sendirian, sehingga jikalau terjadi sesuatu (baca: kena virus, windows rusak, dll) sulit atau direpotkan dengan memindahkan file2 penting terlebih dahulu ketempat lain (baca: storage lain (baca: external hardisk “mungkin’)) sebelum proses recoveri atau install ulang dilakukan.

Agar tidak melakukan hal demikan, maka alahkan baiknya di buat lebih dari satu partisi untuk menghindari masalah diatas, misalnya (C), dan (D):. Banyak Software tambahan yang dapat digunakan untuk melakukan pengubahan (baca: Resize, Merge, dll) seperti Norton Partition Magic, tetapi bagaimana kalau tidak menggunakan Software Tersebut ? Bisa! Windows Vista bisa membagi partisi hardisk dengan Langsung tanpa software bantuan lagi, Ya anda tidak salah baca, Dengan Langsung.

Langkah – langkahnya sebagai berikut :

1. Klik kanan Pada Computer

Partisi 1

Partisi

2. Klik Manage

3. Pilih Partisi (C:), lalu klik kanan, lalu klik Shrink Volume

Partisi2

Partisi2

Anda dapat menentukan besaran partisi sesuka anda.

Download PDF

Download PDF

Salam

Hendra

Comments
  1. erick says:

    kalo yang D di partisi bisa kak.???biar ada e gitu..tapibiar ga instal ulang.bisa..???
    thanks b4

  2. Hendra Wijaya says:

    @ Erick

    Terima Kasih udah mampir, Bisa Coba aja langkah diatas, tapi yang di shrink yang di D.

    Salam ^_^